Tinggalkan komentar

Sejarah Awal @standupindo


komunitas Standup Comedy Indonesia. Twitter account: @standupindo

Standup Comedy Indonesia (twitter account: @standupindo) adalah sebuah komunitas yang didirikan oleh beberapa orang yang sebelumnya sudah memiliki ketertarikan dengan dunia standup comedy. Sebut saja Ernest Prakasa (@ernestprakasa) dan Ryan Adriandhy (@adriandhy) adalah dua orang yang dipertemukan dalam audisi Standup Comedy Indonesia yang diselenggarakan oleh Kompas TV. Mereka yang kemudian menjadi finalis acara ini berpikir bahwa mereka membutuhkan wadah untuk berlatih mempersiapkan diri untuk menghadapi ajang ini. Berawal dari pertemanan di jejaring sosial akhirnya mereka melibatkan Pandji Pragiwaksono (@pandji) dan Radiya Dika (@radityadika) dan seorang penulis humor Isman H. Suryaman (@ismanhs) untuk mendirikan komunitas ini. Sebagai informasi sebelum komunitas ini terbentuk Pandji dan Raditya Dika sudah lebih dulu dikenal aksi-aksi standup comedy-nya melalui video yang mereka upload sendiri di kanal youtube mereka.

Berbekal follower twitter mereka memberanikan diri untuk mengadakan sebuah event yang mereka namai #standupnite. #standupnite1 Dilaksanakan 13 Juli 2011 di Comedy Cafe, Jakarta. Walau hanya melakukan promosi lewat twitter antusiasme masyarakat akan alternatif hiburan baru ini bisa dibilang luar biasa. Arief Budiman (@ariefdidu), Intan AP (@badutromantis), Asep Suaji (@asepsuaji) – yang juga finalis Standup Comedy Kompas TV -, Isman H. S., Ernest, Ryan, Pandji dan Raditya Dika berhasil menyedot perhatian pengunjung. Malam itu luar biasa, banyak selebriti – sungguhan maupun yang hanya terkenal di twitter/#selebtwit – yang hadir.

#standupnite2 dilaksanakan pada tanggal 2 Agustus 2011 di Bober Cafe Bandung. Kali ini banyak nama-nama baru yang menghiasi line up seperti: Mo Sidik Zamzami (@mosidik) – juga finalis Standup Comedy Kompas TV-, Dwika Putra (@dwikaputra), Tomy Malewa (@tomymalewa), Jonathan End (@jonathanend), Reggy Hasibuan (@regzindahood), Acho (@muhadkly) dan dua nama yang yang sudah mengisi di #standupnite1 yaitu: Asep Suaji dan Raditya Dika. Bober Cafe pecah, penonton membludak melebihi kapasitas cafe tersebut. Sebagian besar penonton bahkan harus rela nonton sambil berdiri atau duduk lesehan sepanjang acara berlangsung.

Masih di Bulan Agustus, tepatnya 17 Agustus 2011 di Rolling Stones Cafe Indonesia – Jl. Ampera Raya, Jakarta, @standupindo melaksanakan sebuah acara amal bertajuk #laugh4love. Acara ini dimaksudkan untuk mengumpulkan dana untuk bayi kembar tiga – Adeela, Adeena dan Adeeva – yang ditinggal oleh ibunda mereka yang meninggal saat proses persalinan. Acara ini mematok minimum donasi Rp 50.000,00 dan berhasil mengumpulkan sekitar 700 penonton dengan nilai donasi mencapai Rp 24 juta. Beberapa aktifis jejaring sosial seperti Aulia Masna (@amasna) dan Rahne Putri (@rahneputri) turut meramaikan acara ini. Comics – sebutan untuk para standup comedian – baru yang sudah kenyang di acara open mic juga turut meramaikan acara ini, seperti: Luqman Baehaqi (@luqmman), Sammy DP (@notaslimboy), Shani Budi (@shanibudi). Tak ketinggalan Asmara Letizia (@miund) dan Farhan (@farhandeltafm) yang sudah terlebih dahulu dikenal sebagai penyiar radio, turut meramaikan acara ini. Seorang Career Coach seperti Rene Suhardono (@renecc) dan seorang wartawan kocak Soleh Solihun (@solehsolihun) juga masuk dalam line up. Acara ini ditutup oleh penampilan pamungkas dari Pandji.

#standupnite3 adalah event berbayar pertama – diluar acara amal – yang dilakukan oleh @standupindo. Masih di Rolling Stones Cafe Indonesia, pada tanggal 24 Agustus 2011, event ini berhasil mendatangkan lebih dari 900 pengunjung. Line up yang solid tidak henti-hentinya mengocok perut para pengunjung yang memadati RS Cafe malam itu. Sebagian besar mereka menonton sambil berdiri tapi tetap di tempat sampai acara selesai. Acara ini dibuka oleh Indro Warkop (@indro_warkop) dan menampilkan: Pandji, Ryan, Miund, Isman H. S., Ernest Prakasa, Asep Suaji, Mosidik dan Raditya Dika.

Setelah acara ini berturut-turut @standupindo menggelar pertunjukkan:

1. #standupnite2BDG di Bandung Food Festival, Jl. Sumatera, Bandung, pada tanggal 10 September 2011. Acara ini juga terbilang sukses dan diperkirakan 1000 orang penonton memadati tempat penyelenggaraan . Memeriahkan pertunjukkan antara lain: Ernest, Ryan, Mongol (@mongol_stres), Isman H.S., Luqman, Sammy DP, Dedy Dahlan (@dedydahlan), Intan AP, Budi Kusumah (@budi_kusumah) dan ditutup oleh Pandji.

2. #standupnite1BGR di Bogor, O’Lounge Cafe, pada tanggal 18 September 2011. Acara ini juga memaksa standup enthusiast Bogor untuk berdesak-desakan di O’Lounge Cafe. Tujuh Comics @standupindo seperti: Luqman, Arief Budiman, Reggy Hasibuan, Asep Suaji, Acho, Sammy DP dan Mosidik mengisi acara ini bersama dengan comic-comic lokal Bogor. Comic Bogor yang hari itu mencuri perhatian antara lain adalah: Jui dan Kukuh.

Demikian virus antusiasme standup comedy terus menular ke kota-kota lain. Open mic secara swadaya dilakukan berbagai kota. Media tentu menangkap fenomena ini. Metro TV kemudian membuat sebuah program khusus bertajuk Standup Comedy Show (@standupshow) dan beberapa comics “jebolan” @standupindo seperti: Soleh Solihun, Miund, Steny Agustaf (@st_agustaf), Sammy DP, Luqman, Mongol, Acho, Jonathan End, Isman H.S. sudah pernah menghiasi layar kaca untuk mengisi acara ini.

Demikian sejarah awal perkembangan @standupindo, nantikan berita-berita berkenaan dengan event lain yang akan kami gelar.

Viva la komtung.

(SDP)

source: http://standupindo.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: